SIM Operator (Admin Utama & Operator Instansi)

SIM Operator dapat dipisah dalam dua bagian, dipisah dalam hak akses untuk admin utama dan operator instansi. Perbedaannya terletak pada fitur dan modul pada masing masing hak akses.

Adapun beberapa panduan dan penjelasan lebih detail sebagaimana berikut:

Operator Masuk dan Keluar SIM Masook

  1. Akses halaman masuk SIM Masook pada tautan https://sim.masook.id
  2. Inputkan Nama Pengguna (username) dan Kata Sandi (password) kemudian tekan tombol Masuk.
  3. Sedangkan untuk keluar, maka cukup dengan tekan gambar profil pada pojok kanan atas kemudian tekan tombol Keluar

Admin Utama Mendapatkan Akses Layanan yang Diperoleh oleh Operator Instansi (view only)

Semua layanan yang didapat oleh Operator Instansi maka didapat juga oleh Admin Utama dan tidak sebaliknya. Namun akses tersebut terbatas pada melihat saja aksesnya. Tidak dapat melakukan tambah atau hapus bahkan edit pada hak akses yang memang tidak seyogyanya diakses oleh Admin Utama

Admin Utama Membuat & Menghapus Instansi Baru

Admin Pemerintah dapat melakukan pengaturan di SIM Masook, jika terdapat Instansi Pemerintahan daerah yang akan menggunakan layanan Masook. Artinya pada setiap instansi pemerintah daerah memiliki akses privat dan terpisah sendiri-sendiri pada layanan Masook. Namun tetap kontrolnya pada Admin Pemerintah.

Adapun tata cara membuat dan menghapus instansi baru sebagai berikut:

  1. Pada halaman beranda. Silakan untuk klik tombol Pilih Organisasi

  2. Kemudian pilih modul Tambah Organisasi Baru

  3. Inputkan semua data intansi pemerintah tersebut hingga langkah terakhir. Kemudian tekan Simpan

    Sebagai informasi tambahan bahwa yang disebut sebagai Atribut Intansi/Organisasi adalah info tambahan yang digunakan sebagai variabel yang dibutuhkan dan akan muncul saat menambahkan pengguna. Contohnya seperti butuh informasi tentang NIP, Golongan Kepegawaian, dst. Maka pada step Detail Organisasi, inputkan atribut tersebut.

  4. Proses hapus instansi dapat dilakukan, apabila semisal suatu instansi pemerintahan tidak ingin menggunakan layanan Masook kembali. Cara dengan pilih instansi yang ingin dihapus

  5. Masuk pada menu Profil

  6. Gulir ke bawah, kemudian tekan tombol Hapus Organisasi

  7. Kemudian akan muncul informasi konfirmasi. Tekan YA untuk menyetujui proses hapus, dan tekan TIDAK untuk sebaliknya

Admin Utama Menambahkan Akun Operator Instansi Baru

Setelah proses membuat atau menambah instansi baru. Maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh admin utama adalah membuat akun untuk operator instansi baru tersebut.

  1. Pilih modul Kelola Anggota kemudian klik Daftar
  2. Pilih tombol Plus (+) Lanjutkan dengan input semua data diri seseorang yang telah ditugasi sebagai operator instansi baru tersebut
  3. Pilih tombol Simpan jika sudah sesuai data yang diinput
  4. Berikan akun tersebut kepada Operator Instansi. Agar mereka dapat mengakses SIM Masook pada Instansi mereka

Operator Instansi Melakukan Konfigurasi Umum untuk Instansinya

Konfigurasi digunakan untuk melakukan pengaturan layanan masook pada instansinya. Sehingga dapat disesuaikan sesuai kebutuhan setiap instansi, karena setiap instansi tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda

  1. Setelah Anda masuk. Maka pada halaman beranda akan muncul tombol untuk langsung melakukan konfigurasi. Tekan tombol Konfigurasi tersebut
  2. Masing-masing konfigurasi memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Di samping itu, konfigurasi juga dibagi menjadi dua bagian. Yaitu konfigurasi penjadwalan dan konfigurasi pada perangkat pengguna (Apps Personal)

Operator Instansi Menambah Lokasi Presensi dan Edit Data Instansi

Proses tambah lokasi presensi, dibutuhkan dan penting, apabila dari instansi menuntut agar presensi dengan perangkat personal hanya bisa digunakan pada radius lokasi-lokasi tertentu saja. Di luar pada radius lokasi yang ditambahkan, maka tidak dapat melakukan presensi dengan perangkat personal.

  1. Pilih menu profil.
  2. Gulir ke bawah dan tekan tombol Tambah Lokasi
  3. Lakukan pencarian lokasi pada peta. Kemudian Simpan
  4. Sedangkan untuk melakukan edit profil instansi bisa dengan tekan ikon pensil
  5. Lakukan perubahan data instansi sesuai kebutuhan. Kemudian Simpan

Operator Instansi Menambahkan Akun Pegawai di Instansinya

  1. Pilih menu Kelola Anggota dan pilih Daftar
  2. Pilih tombol Plus (+) Lanjutkan dengan input semua data diri pegawai yang dimaksud
  3. Pilih tombol Simpan jika sudah sesuai data yang diinput
  4. Berikan akun tersebut kepada pegawai yang bersangkutan. Akun tersebut yang nantinya dipakai untuk masuk/login pada perangkat personal (Apps Personal) dan SIM Masook

Operator Instansi Melakukan Kelola Jam Kerja

Jam kerja dibutuhkan untuk menunjukkan waktu kerja para pegawai. Proses pengaturannya adalah

  1. Pilih menu Kelola Instansi. Kemudian pilih menu Jam Kerja. untuk defaultnya maka sudah akan tersedia jam kerja Reguler Jam Reguler dianggap sebagai jam kerja yang diterapkan secara umum untuk semua karyawan selama ini. Operator dapat melakukan perubahan jam kerja pada Jam Reguler ini. Dapat juga dengan menambahkan jam kerja baru
  2. Edit jam kerja reguler, bisa dilakukan dengan pilih menu opsi. Kemudian pilih Ubah
  3. Lakukan penyesuaian pada jam kerja yang ingin diterapkan. Kemudian klik Simpan

results matching ""

    No results matching ""