8. Tata Cara Membuat Laporan
Tata kelola laporan ini adalah hak akses yang hanya diberikan kepada admin atau operator instansi saja. Sehingga pengguna dengan kategori user biasa (pegawai biasa). Tidak perlu melakukan proses pengelolaan yang ada pada menu Laporan ini.
Fungsi dan kegunaan fitur laporan ini, adalah untuk melihat detail dari rekapan laporan suatu instansi dalam kurun periode tertentu. Fitur ini dapat digunakan sebagai acuan dalam proses untuk mengukur kinerja pada bidang presensi pegawai, karena bisa diketahui persentase kehadirannya.
Adapun tata cara untuk membuat laporan adalah sebagaimana berikut ini:
Silakan login pada halaman login sim masook terlebih dahulu pada url https://sim.masook.id/. Pastikan loginnya dengan akun admin instansi username dan kata sandinya
Kemudian, silakan klik menu Laporan. Pada menu laporan ini, terdapat 3 sub menu laporan. Di antaranya adalah:
- Kehadiran Harian adalah untuk melakukan pengecekan, terkait dengan riwayat kehadiran oleh pegawai tertentu pada kurun waktu tertentu, lengkap dengan status kehadirannya serta skor keterlambatannya. Dalam menu ini, terdapat menu filtrasi untuk kemudahan dalam pencariannya
- Rekap Laporan Bulanan adalah untuk melihat rekapan dalam suatu periode. Pada rekap ini, dapat dilihat setiap pegawai setiap harinya hadir mulai pukul berapa dan pulang pukul berapa. Termasuk juga di dalam menu ini, bisa langsung dapat dilakukan proses ubah presensi dan ubah absensi (ketidakhadiran)
- Persentase Bulanan adalah menu yang digunakan untuk melakukan proses generate sistem (menjalankan perhitungan sistem) dan melakukan pratinjau atas data yang sudah dihitung tersebut. Pada menu ini, ditampilkan berdasarkan periode yang sudah dibuat. Periode dibuat untuk membatasi, pada kurun waktu tanggal berapa hingga ke berapa suatu data itu diproses
Untuk detail penggunaan masing masing sub menu yang ada di menu laporan tersebut, selanjutnya akan dijelaskan pada bagian selanjutnya