Proses Berlangganan Layanan Masook oleh Admin Simpatika
Untuk instansi di bawah naungan Kemenag. Proses belangganannya dapat dilakukan melalui layanan SIMPATIKA. Adapun tata caranya sebagaimana berikut ini:
Silakan login ke layanan pengelolaan SIMPATIKA
Silakan klik Banner tentang layanan Masook
Klik Berlangganan Masook Simpatika
Cermati dan baca terlebih dahulu, beberapa informasi yang tertampil
Jika sudah. Selanjutnya tentukan jenis pemesanan/jenis order. Jika Instansi Anda belum pernah berlangganan sama sekali, maka akan muncul Berlangganan 1 Tahun
Namun. Jika sebelumnya Instansi Anda sudah pernah berlangganan. Dan ingin melakukan proses perpanjangan berlangganan, atau proses penambahan kuota untuk berlangganan. Maka pilihan yang akan muncul adalah (Perpanjang Sekarang; Penambahan Kuota)
Setelah memilih jenis berlangganan. Silakan menentukan jumlah PTK (pegawai) yang ingin dilakukan proses berlangganan. Informasi!: Bahwa jumlah PTK yang muncul, langsung mengambil dari jumlah PTK Aktif yang ada di Simpatika. Tidak dapat dikurangi jumlah PTK yang tampil tersebut. Namun dapat ditambahkan jumlah yang ingin diproses berlangganannya. Jika tidak ingin dilakukan penambahan jumlah. Bisa juga dilakukan dengan tetap membiarkan jumlahnya apa adanya
Selanjutnya inputkan alamat email kepala madrasah. Atau email lain, dimana tujuannya, adalah untuk mengirimkan bukti penagihan biaya layanan dan bukti penerimaan layanan, berupa digit token
Jika sudah, klik tombol Berlangganan Sekarang
Selanjutnya akan dihadapkan, pada halaman konfirmasi pembayaran. Silakan dicek terlebih dahulu, dan pastikan data pemesanan sudah sesuai. Jika sudah sesuai, silakan centang pada bagian konfirmasi
Kemudian tombol Lanjut Bayar akan aktif. Klik tombol tersebut segera
Setelah klik tombol tersebut, segera cek email yang telah diinputkan sebagaimana poin 8 di atas. Karena begitu tombol Lanjut Bayar tersebut diklik, invoice (tagihan pembayaran) akan terkirim via email
Pada halaman setelah klik Lanjut Bayar tersebut, akan muncul halaman untuk proses Pembayaran
Adapun beberapa informasi tersebut adalah:
- Kode pembayaran, adalah kode yang diinputkan, saat nantinya melakukan proses pembayaran dengan berbagai tata cara yang telah dijelaskan di sampingnya
- Informasi jenis pemesanannya, apakah berlangganan baru, perpanjangan atau hanya penambahan kuota, serta menginformasikan terkait dengan nama instansi dan jumlah pegawai aktifnya
- status proses pembayarannya bagaimana. Apakah sudah dibayarkan, ataukan belum dibayarkan, ataukah expired (kadaluawarsa). Kadaluwarsa bisa jadi terjadi, apabila dalam tenggat waktu 1 jam, tidak dilakukan proses pembayaran, sehingga kode pembayarannya menjadi tidak berlaku kembali. Contoh tampilan jika tidak segera dilakukan pembayaran adalah sebagai berikut:
- Informasi Rincian biaya yang harus dibayarkan
- Tata cara pembayaran yang dapat dilakukan dengan berbagai tata cara dari berbagai bank, dll
Segera lakukan proses pembayaran, dengan tata cara menyesuaikan pada metode dan bank apa yang ingin dipilih.
Jika sudah dilakukan pembayaran. Anda dapat merefresh/muat ulang halaman proses pembayaran. Maka selanjutnya halaman tersebut akan terupdate menjadi Terbayar dan muncul Kode Aktivasi Instansi Anda
Kode aktivasi tersebut, juga dikirimkan ke email yang sudah diinputkan pada proses di langkah ke-8 juga
Proses berlangganan selesai. Selanjutnya silakan melakukan proses aktivasi instansi. Sebagaimana panduan berikut ini https://bantuan.masook.id/masook/panduan-aktivasi-masook-oleh-admin-madrasah/ch01/1-1-tata-cara-aktivasi.html